Persaudaraan Setia Hati (Panti) masih ada


Persaudaraan Setia Hati Panti itu sebutan bagi Persaudaraan Setia Hati yang berada di Panti (Rumah kediaman Ki.Ng. SOERO DIWIRJO pendiri Setia Hati ) Jl. Gajah Mada No. 14 selatan rel KA sebelah utara Kantor Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Di Panti inilah seluruh saudara SH melaksanakan kegiatan ke SH an sesuai dengan pesan beliau (Pendiri SH) sebelum meninggal dunia. Sehingga seluruh ritual pengeceran saudara baru Tk 1 (Este trap), Tk 2 (Tweede trap) dan Derde trap (Tk 3) selalu diadakan di Panti, termasuk kegiatan Suran (bukan suran agung) juga dilaksanakan di Panti, bahkan pertemuan rutin setiap malam Jumat Kliwon, Jum'at Legi, & Sabtu Kliwon untuk membahas keilmuan SH selalu diadakan di Panti ini termasuk kegiatan Silat nya. Bagi Istri saudara SH juga diberi wadah pertemuan arisan setiap bulan sekali tepatnya hari minggu pertama untuk menjalin persaudaraan dan mengikat tali silaturahmi diantara saudara SH. Tentang alamat ini kadang orang rancu karena di desa Winongo ini ada dua Setia Hati yang seolah olah sama tapi sebenarnya sama sekali berbeda secara organisatoris maupun keilmuan (tidak ada hubungan sama sekali). Sesuai petunjuk saudara tertua kami (sebutan Ki.Ng. Soero Diwirjo di Panti) dan hasil musyawarah suran bahwa SH Panti tidak masuk IPSI tetapi masuk Paguyuban.

SH Panti kalau menurut sejarah di Panti yaitu :
1. Pers. Setia Hati Terate 1922 oleh Bpk.Harjo Utomo
2. Pers. SHO Tahun 1936 oleh Bpk Munandar
3. Pers. SH Tunas Muda 1966 didirikan oleh P. Suwarno.
SH (Panti) mengakui bahwa dulu Pak Hardjo Utomo kecer th 1917(SHT 1922 ) dan Pak Soewarno kecer th 1960 (SH Tunas Muda1966) itu memang warga SH Panti. Dan sebetulnya istilah STK (Sedulur Tunggal Kecer) itu semenjak oleh Bpk Ki Ngabei Soerodiwirjo namanya diganti SETIA HATI sudah tidak boleh digunakan lagi.

Namun setelah mereka melepaskan diri dari SH Panti, Kami tidak berkewajiban / tidak berhak lagi mengaturnya. Terlebih dengan adanya pengembangan masing masing perguruan yang menjadi ciri khas masing masing. dan beri informasi yang benar atau jangan merasa paling benar terlebih mengkaitkan

SH Panti yang seolah merestui satu perguruan tertentu. itu semua tidak ada. SH Panti itu berdiri sendiri. Tidak memback up salah satu perguruan. Malah kami prihatin membaca komentar komentar dari salah satu Perguruan silat yang berseteru yang seolah olah menyamakan SH panti dengannya.

SH Panti mengadakan penerimaan warga sendiri dan tidak pernah menangguhkan penerimaan warga barunya ke SH Tunas Muda dan perlu diketahui SH Panti juga mengadakan acara Suran sendiri bukan Suran Agung lo ! kalau ada kata kata suran agung itu dapat dipastikan SH Tunas Mudanya P. Warno bukan SH Panti.

Kami SH Panti sangat selektif dalam memasukkan warga baru tidak asal asalan tidak seperti komentar komentarnya anak anak SH Tunas Muda yang ada di blok blok internet yang mengatakan bahwa penerimaan warga SH Panti dan Suran ditangguhkan ke SH Tunas Muda itu salah besar / pembohongan publik karena SH Tunas Muda itu tidak sama dengan SH Panti jadi penerimaannyapun pasti berbeda baik caranya maupun ajaran serta tujuannya. SH Panti itu berdiri sendiri dan terpisah dengan SH Tunas Muda (Tidak ada hubungan sma sekali).

Bulan asura sudah tiba kami sampaikan kepada seluruh warga SH Panti di seluruh Indonesia dan perwakilan di Negeri Belanda (Bpk F. Dresen) bahwa Suran akan dilaksanakan tanggal 8 dan 9 Januari 2010 di Panti SH Jl Gajah Mada 14 selatan rel KA Madiun

Sampai hari ini tokoh kedua perguruan itu tidak pernah ada yang silaturahmi/berkunjung ke panti.Dulu pernah Pak Soewarno (Pendiri PSH Tunas Muda Winongo)datang sekali pada acara suran SH Panti sekitar pertengahan tahun 1970 an, bukan sambung silaturahmi tapi hanya putar arena silat sekali lantas masuklah Mas Kus Hartoyo (Kakaknya Mas Cuk) ke arena laga untuk menghadapi Pak Warno tapi Pak Warno langsung menutupnya jadi ya belum sampai sambung.Semenjak itu Pak Warno tidak pernah lagi berkunjung/silaturahmi ke SH Panti. Memamg kita akui banyak warga SH Panti yang dulu latar belakangnya dari SH Terate ada juga dari SH tunas muda winongo dan banyak lagi yang lainnya. Mereka menjadi saudara SH (Panti) secara Individu bukan atas nama perguruan sebelumnya.
DOC.SH TERATE RANTING KANOR BOJONEGORO

Bpk. Koes Subakir / sekretariat PAGUYUBAN PERSAUDARAAN SETIA HATI : Jl. Barito No.56/57 Telp.(0351) 454861 Madiun 63133.